Balut Anggarkan Rp13 M Untuk Pemilukada

Balut Anggarkan Rp13 M Untuk Pemilukada

PALU – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Daerah Banggai Kepulauan (Bangkep) mengusulkan, anggaran senilai Rp13 miliar lebih, untuk pelaksanaan pemilu kepala...

Hasil Lab Keluar, Bupati Morut Positif Covid-19
Darurat Covid-19, Menag Rilis Panduan Ramadan
Rektor Untad Kembali Lakukan Pembohongan

PALU – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Daerah Banggai Kepulauan (Bangkep) mengusulkan, anggaran senilai Rp13 miliar lebih, untuk pelaksanaan pemilu kepala daerah serentak di Kabupaten Banggai Laut (Balut). Anggaran sebesar itu, digunakan untuk melaksanakan pemilukada sebanyak dua putaran. Putaran pertama senilai Rp 8,3 miliar lebih, dan putaran kedua Rp 4,7 miliar.

Komisioner KPUD Bangkep, Sudirman Sapat SPd MSi, menjelaskan, anggaran yang diplot itu sudah tertuang dalam APBD Balut dan sharing dari pemerintah provinsi dengan pemerintah kabupaten induk sesuai yang diamanatkan oleh Undang-undang pembentukan Kabupaten Balut.

Kepada wartawan, Selasa (20/1), Sudirman mengatakan, anggaran tersebut dipergunakan untuk biaya pelaksanaan pemilukada Balut diluar dana kampanye. Sebagaimana diketahui, pada pemilukada serentak tahun ini yang dilaksanakan pada 16 Desember 2015, biaya dana kampanye tidak lagi ditanggung oleh calon bupati atau walikota, tetapi ditanggung oleh Negara, baik melalui APBD maupun APBN.

Menurut Sudirman, alokasi dana tersebut belum menyentuh biaya kampanye calon. “Maka kami akan usulkan perubahannya lewat APBD Perubahan nanti,” jelas Sudirman. Biaya dana kampanye yang ditanggung KPU merupakan alat peraga, seperti baliho, spanduk dan termasuk juga iklan di media massa.(af/*)

Sumber: RadarSulteng