Demokrat Poso akan Usung Calon Bupati dari Kadernya

Demokrat Poso akan Usung Calon Bupati dari Kadernya

POSO – Bupati Poso Drs Piet Inkiriwang MM menyebut penggantinya yang akan bisa meneruskan kepemimpinannya di Poso lima tahun setelah masa jabatannya b...

Presiden Jokowi Sumbang Hewan Kurban di Sulteng
Abdullah Kawulusan Jabat Plt Bupati Buol
Pemerhati Pendidikan: Yang Dilakukan Plt Kadis Dikbud Banggai itu Menghambat Pelayanan Prima

POSO – Bupati Poso Drs Piet Inkiriwang MM menyebut penggantinya yang akan bisa meneruskan kepemimpinannya di Poso lima tahun setelah masa jabatannya berakhir 2015, adalah kader senior Partai Demokrat. Dengan demikian, Partai Demokrat (PD) Kabupaten Poso telah memastikan akan mengusung kader sendiri sebagai calon Bupati Poso periode 2015-2020 pada perhelatan Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada) Poso 2015. Kepastian tersebut disampaikan langsung Piet Inkiriwang yang juga Ketua DPC PD Poso seperti dilansir Radar Sulteng edisi Senin (24/11/2014).

Namun siapa kader yang akan dijadikan sebagai calon suksesornya, Piet memilih tutup mulut. Dia hanya menyebut, kader PD yang akan diusung adalah kader senior Partai Demokrat. “Kita akan usung kader sendiri, tentu kader yang senior,” jelasnya kepada Radar Sulteng, belum lama ini.

Meski nama kader Partai Demokrat yang akan dicalonkan sebagai calon Bupati Poso 2015-2020 belum disebut. Namun apa yang diucapkan Bupati Poso dua periode ini, setidaknya telah menjawab rasa penasaran sebagian masyarakat Poso tentang tokoh yang nantinya akan diusung PD untuk menjadi pengganti Piet sebagai Bupati Poso.

“Kalau benar, maka teka-teki dari mana asal calon Bupati Poso 2015-2020 yang akan diusung Partai Demokrat sudah terjawab. Yaitu dari Demokrat sendiri. Yang ditunggu sekarang adalah siapa kader Demokrat yang akan diusung sebagai (Calon Bupati) itu,” tukas Ardi, warga Poso.

Meski Pemilukada Poso baru akan digelar Juni 2015 atau September 2015 jika serentak berdasarkan Perppu, tapi suhu politik di Poso saat ini, sudah menghangat. Nama-nama figur yang disebut-sebut akan maju sebagai calon bupati Poso 2015-2020 pun sudah beredar di tengah masyarakat. Sebut saja nama Iswanto Sunaryo, Amdjad Lawasa, Wirabumi Kaluti, dan Darmin Sigilipu.

Kendati partai yang akan mengusung belum ditahu, tapi prediksi masyarakat bahwa nama-nama tersebut kecil kemungkinan akan menggunakan PD sebagai kendaraan politiknya untuk menuju 01 Poso. Sebaliknya, dengan memiliki jumlah 8 kursi di DPRD, masyarakat meyakini PD akan mengusung kader sendiri para Pemilukada Poso mendatang.(af/*)

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: