Desain Lokasi Sail Tomini 2015 Dipaparkan

Desain Lokasi Sail Tomini 2015 Dipaparkan

PARIGI MOUTONG – Sail Tomini yang ditetapkan akan berlangsung pada tahun 2015 semakin dekat. Karena itu, berbagai persiapan dilakukan, salah satunya a...

Pemerhati Pendidikan: Yang Dilakukan Plt Kadis Dikbud Banggai itu Menghambat Pelayanan Prima
Tidak Kooperatif, Hein M, Kontraktor Korup Ditahan
Urus Berkas Sampai Seminggu, Kinerja Kadis Dikbud Banggai Dikeluhkan

PARIGI MOUTONG – Sail Tomini yang ditetapkan akan berlangsung pada tahun 2015 semakin dekat. Karena itu, berbagai persiapan dilakukan, salah satunya adalah desain lokasi yang rencananya akan berpusat di Pantai Kayubura Desa Pangi, Kec. Parigi Utara.

Rencana desain lokasi itu dipaparkan di Auditorium Kantor Bupati Parigi Moutong, Jumat (10/10/2014) lalu oleh tim konsultan dan dihadiri sejumlah pejabat, baik dari pusat, provinsi maupun dari Pemkab Parigi Moutong sendiri.

Salah seorang tim konsultan mengatakan, rencana desain itu merupakan hasil perbaikan dari rencana desain sebelumnya berdasarkan masukan-masukan Pemprov Sulteng, Pemkab Parigi Moutong serta para pihak terkait lainnya.  Dalam pemaparan itu direncanakan lokasi Sail Tomini 2015 menggunakan dua tempat yakni Pantai Kayubura sebagai lokasi pembukaan dan bukit Pangi sebagai lokasi untuk kegiatan seni budaya serta kegiatan pendukung lainnya.

Jarak antara kedua lokasi tersebut cukup berdekatan sehingga memudahkan para pengunjung untuk mendatangi dua lokasi itu.  Juga dipaparkan desain lokasi acara pembukaan termasuk ruang khusus bagi Presiden RI yang akan membuka kegiatan berskala internasional tersebut.

Penentuan lokasi Sail tersebut sangat penting karena terkait dengan rencana desain serta penentuan batas waktu pembangunannya. Pantai Kayubura itu cukup representatif untuk dijadikan lokasi pembukaan Sail Tomini 2015 karena cukup luas sehingga memudahkan untuk melakukan desain lokasinya, apalagi direncanakan akan ada parade kapal.

Dibutuhkan lokasi dengan luas sedikitnya 5 hektar sudah termasuk lokasi penunjang kegiatan. Lokasi Sail Tomini tersebut juga nantinya dipersiapkan untuk keperluan jangka panjang, artinya akan dimanfaatkan untuk kegiatan lain di masa mendatang, misalnya sebagai lokasi wisata atau untuk kegiatan-kegiatan lain.(af/*)

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: