Februari, Bulan Lahir Para Bintang

Februari, Bulan Lahir Para Bintang

BANYAK pemain top dunia yang lahir pada Februari. Lebih spesifik lagi, pada 5 Februari. Salah seorang di antara mereka, peraih Ballon d’Or 2014 Cristi...

Rossi dan Lorenzo Kembali Bersitegang di San Marino
Undian Perempat Final LC, Bagaimana dengan Tim Kesayangan Anda?
Pompa Air Dimatikan, Ahok Marahi Walikota Jakut

BANYAK pemain top dunia yang lahir pada Februari. Lebih spesifik lagi, pada 5 Februari. Salah seorang di antara mereka, peraih Ballon d’Or 2014 Cristiano Ronaldo.

Ronaldo tidak sendirian. Superstar Barcelona Neymar juga lahir pada 5 Februari. Usianya sekarang 23 tahun. Begitu juga halnya dengan bintang Juventus asal Argentina Carlos Tevez yang berusia 31 tahun.

Kalau ditarik ke belakang, ’’Maradona dari Balkan’’ Gheorghe Hagi dan mantan kapten Belanda Giovanni van Bronckhorst juga lahir pada 5 Februari.

Untuk generasi sepak bola muda, terdapat nama striker timnas Skotlandia Jordan Rhodes dan bintang muda Manchester United Adnan Januzaj. Di luar pemain, yang berulang tahun pada 5 Februari adalah Cesare Maldini (eks pelatih timnas Italia) dan Sven-Goran Eriksson (mantan arsitek timnas Inggris).

Sorotan tertuju kepada Ronaldo. Bintang Real Madrid itu kini berusia 30 tahun. CR7 –julukannya– lahir di Funchal, Madeira, Portugal, 5 Februari 1985.

Usia 30 tahun memang keramat di dunia olahraga, lebih-lebih sepak bola. Sebab, umur tersebut bisa menjadi penanda terpisahnya usia emas dengan masa menjelang pensiun.

Meski begitu, tidak ada tanda-tanda bahwa Ronaldo melambat atau menurun. Dia masih menjadi salah seorang yang terbaik di dunia. Sebab, produk akademi Sporting Lisbon itu sangat disiplin menjaga tubuhnya. Meski sudah menjadi superstar, Ronaldo masih menjalani latihan keras berupa sit-up hingga 3.000 kali setiap hari.

Ronaldo juga rajin merawat tubuh. Setiap selesai bertanding, dia berenang, mandi uap, dan sauna. Ronaldo tidak pernah begadang dalam musim yang ketat. Ronaldo juga sangat disiplin dengan selalu menjadi orang pertama yang datang ke tempat lapangan.

Namun, kemarin Ronaldo meninggalkan rutinitas kehidupan sebagai atlet. Dia berkumpul dengan teman-teman dan keluarganya di rumah mewah kompleks La Finca, Madrid, untuk merayakan ulang tahunnya.

Tahun lalu Ronaldo mengundang pesulap terkenal asal Inggris Steven Frayne alias Dynamo untuk menunjukkan trik-trik hebatnya kepada anak lelakinya, Ronaldo Jr. Nah, tahun ini Ronaldo mendatangkan DJ Red One.

Ronaldo mulai menarik perhatian dunia, kemudian menjadi salah seorang pesepak bola terhebat ketika datang di Manchester United pada 2003. ’’Dia adalah atlet terhebat sepanjang masa,’’ ucap agen Ronaldo, Jorge Mendes, kepada AS.

’’Dia akan bisa bermain hingga usia 40 tahun. Pada usia 39 tahun, dia masih bisa bikin 30 gol per musim. Kalau melihat bagaimana dia mengatur hidupnya, bagaimana dia makan, bagaimana dia beristirahat, hal itu mungkin saja terjadi,’’ imbuh Medes.

Mendes mungkin perlu memberikan pujian karena buy out clause Ronaldo menembus 1 miliar pound (sekitar Rp 19,12 triliun), termahal di dunia. ’’Saya akan berusaha mengejar (Lionel) Messi,’’ kata Ronaldo kepada Marca.

Sementara itu, Neymar yang berusia 23 tahun berusaha mencapai apa yang sudah ditorehkan Ronaldo. Saat kapten Portugal tersebut seusia Neymar, dia sudah menjadi pemain terbaik Premier League.

Ronaldo lantas menandatangani kontrak senilai 120 ribu pound per pekan (sekitar Rp 2,3 miliar) dan menjadi pemain bergaji termahal dalam sejarah United ketika itu. Tahun ini gaji Ronaldo diperkirakan 146 ribu pounds (sekitar Rp 2,8 miliar) per pekan.

Sementara itu, upah Neymar 132 ribu pound (sekitar Rp 2,5 miliar) per minggu. Namun, dalam jumlah gol, Neymar jauh lebih produktif. Bintang Brasil itu mencetak 219 gol dalam 359 pertandingan. Jumlah itu jauh meninggalkan Ronaldo saat berusia 23 tahun (107 gol dalam 316 laga). (nur/c4/ca)

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0