Gelar Sail Tomini, Parimo Dapat Dana Kementerian PU-Pera Rp.500 Miliar

Gelar Sail Tomini, Parimo Dapat Dana Kementerian PU-Pera Rp.500 Miliar

PARIGI MOUTONG – Event Sail Tomini yang dijadwalkan pada 19 September 2015 mendatang memberi berkah tersendiri bagi Kabupaten Parigi Motong sebagai pe...

Urus Berkas Sampai Seminggu, Kinerja Kadis Dikbud Banggai Dikeluhkan
Tidak Kooperatif, Hein M, Kontraktor Korup Ditahan
Pemerhati Pendidikan: Yang Dilakukan Plt Kadis Dikbud Banggai itu Menghambat Pelayanan Prima

PARIGI MOUTONG – Event Sail Tomini yang dijadwalkan pada 19 September 2015 mendatang memberi berkah tersendiri bagi Kabupaten Parigi Motong sebagai pelaksana. Pasalnya, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PU-Pera) mengucurkan dananya hingga lebih dari Rp.500 miliar. Itu baru dari Kementerian PU-Pera, belum lagi dari kementerian lainnya.
“Tidak mungkin anggaran sebesar itu bisa masuk ke Kabupaten Parigi Moutong jika tidak ada Sail Tomini. Oleh karena itu saya berharap dengan anggaran yang cukup besar itu betul-betul dimanfaatkan untuk kepentingan pelaksanaan kegiatan Sail Tomini,” kata Wagub Sudarto saat pada upacara adat peletakan batu pertama pembangunan infrastruktur Sail Tomini 2015 di Pantai Kayubura, Desa Pelawa Baru, Kecamatan Parigi Tengah, Jumat (10/4/2015).
Pembangunan infrastruktu itu akan mencakup jalan dan saluran air serta infrastruktur lainnya termasuk perumahan, instalasi listrik dan fasilitas lain yang dibutuhkan oleh masyarakat.
“Masyarakat Kabupaten Parigi Moutong seharusnya berbahagia dan mendukung pelaksanaan Sail Tomini ini,” harapnya. Apalagi katanya, Sail Tomini tersebut tidak hanya dihadiri oleh seluruh daerah di Indonesia, tetapi juga para duta besar negara-negara sahabat.
Kepala Dinas PU Cipta Karya dan Tata Ruang Provinsi Sulteng, Imam Gazali yang juga hadir pada ksempatan itu merinci, pembangunan infrasturkur di lokasi acara puncak Sail Tomini itu menghabiskan anggaran sekitar Rp29,817 miliar yang bersumber dari dana APBN Kementerian PU-Pera.
Selain itu dari APBD Sulteng yang diperuntukkan untuk pembangunan pelataran atau plaza, jalan, tempat parkir, drainase, MCK, penyediaan jaringan pipa air minum, pembangunan pengaman pantai serta pengadaan fasilitas persampahan.
Kabupaten Parimo juga mendapatkan kucuran dana untuk pembangunan infrastruktur mendukung Sail Tomini di luar lokasi acara puncak senilai Rp468,110 miliar. Dana itu untuk pembangunan infrastruktur di Bukit Pangi, penyediaan air bersih di Bukit Pangi, jalan lingkungan dan bantuan stimulan bangunan.
Lalu ada kucuran dana dari sumber yang sama sebesar Rp18,6 miliar untuk pembangunan jaringan pipa distribusi air minum dan pembuatan RTH Perkotaan sesesar Rp5 miliar. Peningkatan dan pelebaran jalan yang masuk wilayah Kabupaten Parimo senilai Rp444,511 miliar yang meliputi penanganan ruas jalan Nupabomba-Toboli hingga Molosipat dan ruas jalan Toboli hingga Tumora menuju Kabupaten Poso.
“Total anggaran yang masuk ke Kabupaten Parigi Moutong dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat adalah sebesar Rp502,208 miliar,” ungkap Imam Gazali. (afd/*)

sumber: beritapalu.com

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: