JK: Kalau bantuan Australia bukan kemanusiaan, kita kembalikan saja

JK: Kalau bantuan Australia bukan kemanusiaan, kita kembalikan saja

Perdana Menteri Australia, Tony Abbott melakukan berbagai cara guna menghentikan eksekusi mati 2 warganya oleh otoritas Indonesia. Salah satu upaya ya...

Rektor Untad Kembali Lakukan Pembohongan
Darurat Covid-19, Menag Rilis Panduan Ramadan
Bukan Napi Koruptor, Presiden Tegaskan Pembebasan Hanya untuk Napi Tipidum

Perdana Menteri Australia, Tony Abbott melakukan berbagai cara guna menghentikan eksekusi mati 2 warganya oleh otoritas Indonesia. Salah satu upaya yang dilakukan Abbott adalah mengungkit bantuan Australia kepada Indonesia saat Aceh terkena tsunami tahun 2004.

Pernyataan Abbott tersebut menyinggung masyarakat Aceh, bahkan warga Australia turut memprotes Abbott terkait kata-katanya itu.

Wakil Presiden Jusuf Kalla mengatakan, sudah terjalin komunikasi antara dirinya dengan Abbott. Dalam komunikasi tersebut, JK tegaskan bahwa pemerintah Indonesia tidak segan mengembalikan semua bantuan Australia untuk Indonesia saat tsunami terjadi.

“Saya sudah jelaskan bahwa kami pahami waktu tsunami itu ada bantuan kemanusiaan dari 56 negara. Termasuk di dalamnya Australia. 56 Negara yang datang, Australia hanya bagian dari 56 itu. Kalau begitu tidak dianggap kemanusiaan, kita kembalikan saja,” ungkap JK.

JK memaparkan bahwa dalam komunikasi tersebut, Abbott menyadari kekeliruannya. Komunikasi pun dilanjutkan melalui Menteri Luar Negeri Australia, Julie Bishop.

“Dia menjelaskan dan menyadari bahwa itu suatu kekeliruan. Menlunya juga telepon saya,” tutup JK