Kemendagri Beri Penguatan Kebijakan Pengembangan KEK Palu

Kemendagri Beri Penguatan Kebijakan Pengembangan KEK Palu

PALU – Kementerian Dalam Negeri memberi penguatan kebijakan kepada daerah-daerah yang masuk dalam zona Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) termasuk Palu agar...

Menkopolhukam: Pemerintah Tidak Sedikit Pun Berniat Intervensi Kasus Ahok
Tidak Kooperatif, Hein M, Kontraktor Korup Ditahan
PAN Masuk, Reshuffle Makin Nyaring

PALU – Kementerian Dalam Negeri memberi penguatan kebijakan kepada daerah-daerah yang masuk dalam zona Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) termasuk Palu agar secepatnya bisa membangun fasilitas pendukung.
Penguatan itu salah satunya ditunjukkan dengan kedatangan Dirjen Pemerintahan Umum Kemendagri, Agung Mulyana di Palu, Kamis (9/4/2015).
Agung yang sempat disambut kedatangannya oleh Gubernur Sulteng, Longki Djanggola di Bandara Mutiara Sis Aljufri itu menyebutkan, penguatan kebijakan itu penting karena tidak jarang terdapat hal-hal yang mungkin saja tidak selaras dengan program pengembangan ekonomi di daerah.
Agung juga sempat melihat langsung Kawasan Industri Palu (KIP) didampingi Wakil Walikota palu, Mulhanan Tombolotutu. Menurut Agung, KIP cukup ideal untuk implementasi KEK, karena selain lahannya yang demikian luas, juga sangat terpadu dengan prasarana lainnya seperti pelabuhan yang relatif tidak jauh dari KIP.
Ia bahkan meminta Pemkot Palu agar untuk pengembangan kawasan tersebut tidak segan-segan meminta bantuan ke pusat. “Saya akan menjadi ‘provokator’ untuk bagaimana caranya usulan-usulan itu bisa diloloskan di tingkat pusat,” janji Agung.
Seperti diketahui, melalui Kepres No.31 Tahun 2014 lalu, Palu menjadi salah satu daerah yang ditetapkan oleh presiden, saat itu masih SBY sebagai Kawasan Ekonomi Khusus bersama tiga daerah lainnya, yakni Bitung (Sulut), Sei Mangkei (Sumut) dan Mandalika (NTB).
Dalam catatan beritapalu.com, KEK Palu setidaknya akan digelontorkan dana sekitar Rp41 triliun sebagai nilai invesatinya keseluruhan. (afd)

Sumber: beritapalu.com

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: