KIPM Lepas Kepiting Bakau Bertelur

KIPM Lepas Kepiting Bakau Bertelur

DONGGALA – Kantor Karantina Ikan, Pengendailan Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (KIPM) Palu melepas sedikitnya 41 ekor kepiting bakau yang sedang ber...

Presiden Jokowi Sumbang Hewan Kurban di Sulteng
Arus Abdul Karim Nakhodai Golkar Sulteng
Tidak Kooperatif, Hein M, Kontraktor Korup Ditahan

DONGGALA – Kantor Karantina Ikan, Pengendailan Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (KIPM) Palu melepas sedikitnya 41 ekor kepiting bakau yang sedang bertelur ke habitatnya di pantai hutan bakau Kabonga, Donggala, Kamis (5/3).

Kepiting yang seluruhnya seberat 23,8 kilogram itu adalah hasil sitaan petugas dari warga yang akan mengirim kepiting yang sedang bertelur tersebut melalui Bandara Mutiara Sis-Aljufri.

Kepala Kantor KIPM Palu, Umar, S.Pi, M.Si, MM mengatakan, pihaknya terpaksa menahan kepiting tersebut karena sesuai dengan Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan No.1 Tahun 2015, dilarang melakukan penangkapan terhadap lobster, kepiting dan rajungan yang berukuran kecil atau yang sedang berterlur.

“Semangat dari Permen yang diteken oleh Menteri Kelutan dan Perikanan Ibu Susi Pudjiastuti itu adalah untuk menjaga populasi lobster, kepiting dan rajungan yang jumlahnya terus menurun,” sebut Umar.

Umar menyebutkan, pihaknya menolak pengiriman kepiting tersebut karena ukurannya masih ada yang kecil dan ada yang sedang bertelur. “Kami menolaknya dari tiga orang yang akan mengirimnya melalui bandara,” jelas Umar lagi.

Menurutnya, pengawasan terhadap kepiting bertelur ini akan dilaksanakan terus menerus hingga Permen KP No. 1 Tahun 2015 ini dicabut dan populasi kepiting telah kembali normal. Ia juga mengimbau masyarakat untuk ikut menjaga pelestarian kepiting, lobster dan rajungan dengan tidak menangkap, mengkonsumsi kepiting, lobster dan rajungan yang berukuran kecil dan atau yang bertelur. (af/*)

 

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: