Komitmen Wujudkan Rimbawan yang Kompetitif dan Mandiri

Komitmen Wujudkan Rimbawan yang Kompetitif dan Mandiri

PALU – Berbagai agenda dalam rangka memeriahkan ulang tahun ke 5 Fakultas Kehutanan (Fahutan) Universitas Tadulako (Untad) Palu, kemarin (20/1),...

Rossi dan Lorenzo Kembali Bersitegang di San Marino
Laksanakan Workshop Konstitusi dan Ketatanegaraan, MPR RI Kolaborasi dengan Untad
Ada Perubahan Gambar Pahlawan, BI Akan Desain Uang NKRI

PALU – Berbagai agenda dalam rangka memeriahkan ulang tahun ke 5 Fakultas Kehutanan (Fahutan) Universitas Tadulako (Untad) Palu, kemarin (20/1), berlangsung sukses. Salah satu kegiatan di puncak acara, yakni melakukan penghijauan di areal kampus Fahutan Untad Palu, yang juga dihadiri langsung Rektor Untad Palu, Prof Dr Ir Moh Basir Cyio SE MS.

Selain itu, juga dilaksanakan pendatangan MoU antara Fahutan dengan sejumlah instansi terkait, di antaranya Balai Taman Nasional Lore Lindu, Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai (BPDAS), Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA), dan Dinas Kehutanan Kabupaten Donggala, serta sejumlah LSM dan NJO.

Dekan Fahutan Untad Palu, Dr Ir Hamzari MSc mengungkapkan, MoU tersebut sebagai komitmen Fahutan Untad, untuk membangun hutan di Sulteng, serta untuk meningkatkan kualitas SDM, khususnya untuk menghasilkan sarjana-sarjana kehutanan, serta alumni yang handal dan terampil di bidang kehutanan, sesuai dengan tema anniversary Fahutan yang ke 5, yakni “Dengan Anniversary kita wujudkan rimbawan yang kompetitif dan mandiri”. Olehnya kata dia, untuk dapat mewujudkan hal tersebut, perlu keterlibatan instansi pemerintah, salah satunya Dinas Kehutanan, untuk penguatan kelembagaan dan pemberdayaan masyarakat di kawasan Hutan.

Mengingat kata dia, masyarakat memiliki akses terbatas terutama dalam memanfaatkan hutan, sehingga perlu adanya kontribusi pembinaan antar Dinas Kehutanan dan Untad Palu, khususnya Fahutan untuk sama–sama terlibat dalam membangun hutan serta peningkatan kesejahteraan masyarakat di kawasan hutan.

“Selain itu, adanya MoU dengan taman nasional kita harapkan para mahasiswa maupun civitas akademik Fahutan dapat memiliki kesepahaman di dalam melakukan aktivitas konservasi sumber daya hayati, di kawasan Taman Nasional Lore Lindu melalui kegiatan magang praktikum penelitian untuk meningkatkan peran taman nasional itu sendiri,” katanya.

Sementara, Rektor Untad Palu, Muh Basir Cyio dalam sambutannya, mengucapkan selamat kepada Fahutan yang telah berusia 5 tahun. Menurutnya, meski usianya baru lima tahun namun menurut Rektor Fahutan, sudah melahirkan alumni–alumni yang telah ikut berperan dalam pembangunan Sulteng.

Bahkan kata Rektor, dalam kegiatan penanaman pohon serta penghijauan Fahutan tidak diragukan lagi, karena setiap pohon yang ditanam pasti hidup, terbukti dengan Fahutan yang terlihat mulai hijau dibandingkan dengan fakultas lainnya.

Rencananya kata Rektor, di tahun 2015, akan membangun sejumlah fasilitas berupa laboratorium ilmu-ilmu kehutanan sebagai bentuk kepedulian universitas kepada Fahutan Untad. “Insya Allah 2015, kita programkan  pembangunan laboratorium ilmu-ilmu kehutanan untuk menunjang pendidikan di Fahutan,” pungkasnya.(af/*)

Sumber: RadarSulteng

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: