Parimo Gandeng Untad Lakukan Kajian Akademis dalam Wujudkan Sister City dengan Kota Soma Jepang

Parimo Gandeng Untad Lakukan Kajian Akademis dalam Wujudkan Sister City dengan Kota Soma Jepang

Bupati Parigi Moutong (Parimo), Samsurizal Tombolotutu mengunjungi Universitas Tadulako (Untad). Kunjungan itu dilakukan dalam rangka meminta kepada U...

Abdullah Kawulusan Jabat Plt Bupati Buol
Tidak Kooperatif, Hein M, Kontraktor Korup Ditahan
Irianto Janji Seriusi Perbaikan Bangkep

Bupati Parigi Moutong (Parimo), Samsurizal Tombolotutu mengunjungi Universitas Tadulako (Untad). Kunjungan itu dilakukan dalam rangka meminta kepada Untad agar melakukan kajian akademis terkait proyek sister city antara Kabupaten Parigi Moutong dengan Kota Soma di Jepang. Dalam kunjungan itu, Bupati Parimo diterima langsung oleh Rektor Untad, Prof Dr Ir Muhammad Basir Cyio SE MS., di Ruang Kerja Rektor, Lantai IV Rektorat Untad.

Berkenaan dengan itu, Bupati Parigi Moutong menyampaikan bahwa kunjungan itu berupa silaturrahim sekaligus meminta izin kepada Rektor Untad. Izin dimaksud agar Untad dapat membantu Kabupaten Parigi Moutong dalam membangun kerjasama dengan Jepang.

Dalam kerjasama yang akan dijajaki itu, jelas Samsurizal Tombolotutu, Jepang mengikutsertakan lima perguruan tinggi. Lima perguruan tinggi itu, akan melakukan berbagai kegiatan, termasuk penelitian kebudayaan, antropologi, kelautan, dan perikanan di Kabupaten Parigi Moutong. “Olehnya, kami butuh bantuan Pak Rektor untuk menyukseskan sister city ini. Kami bekerjasama dengan Kota Soma di Jepang. Dalam kaitan ini, untuk penyiapan dan pelaksanaan, kami membutuhkan kajian akademis dari Untad,” jelas Samsurizal.

Menanggapi hal itu, Rektor Untad, Prof Dr Ir Muhammad Basir Cyio SE MS menyambut baik permohonan dari Kabupaten Parigi Moutong. Untad sebagai institusi pendidikan, jelas Rektor, memiliki kewajiban untuk membantu masyarakat dan daerah demi kemajuan.

Berkenaan dengan kajian akademis yang diminta oleh Kabupaten Parigi Moutong, Rektor Untad tidak saja langsung menyiapkan tim pengkajian, tetapi juga akan berusaha maksimal agar sister city antara Kabupaten Parigi Moutong dengan Kota Soma dapat terwujud dan terlaksana dengan baik. “Bahkan, jika rombongan dari Jepang sudah datang, kami siap menjadi tuan rumah untuk silaturrahim sebelum rombongan melanjutkan perjalanan ke Kabupaten Parigi Moutong,” ujar Prof Basir Cyio. (t22)

Diskusi antara Rektor Untad dengan Bupati Parimo dan rombongan untuk mewujudkan sister city antara Parimo dengan Kota Soma Jepang

Diskusi antara Rektor Untad dengan Bupati Parimo dan rombongan untuk mewujudkan sister city antara Parimo dengan Kota Soma Jepang

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: