Pemkab Parigi Moutong Terima Keppres Sail Tomini

Pemkab Parigi Moutong Terima Keppres Sail Tomini

PARIGI MOUTONG – Keraguan sejumlah pihak tentang rencana pelaksanaan Sail Tomini yang akan dipusatkan di Kapbupaten Parigi Moutong pada 2015 men...

Kasus Petani Bohotokong, KontraS Ingatkan Polres Banggai
Presiden Jokowi Sumbang Hewan Kurban di Sulteng
Tidak Kooperatif, Hein M, Kontraktor Korup Ditahan

PARIGI MOUTONG – Keraguan sejumlah pihak tentang rencana pelaksanaan Sail Tomini yang akan dipusatkan di Kapbupaten Parigi Moutong pada 2015 mendatang akhirnya terjawab sudah, menyusul diterimanya Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 42 Tahun 2014 yang ditandangani oleh Presiden ke-6, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Jumat (24/10/2014) lalu. Penyerahan Keppres itu dilakukan oleh Deputi Bidang Koordinasi Kebudayaan Pariwisata, Pemuda dan Olahraga, Kementrian Koordinator Kesejahteraan Rakyat, Haswan Yunaz kepada Bupati Parimo, Samsurizal Tombolotutu, di kantor Kemenkokesra.

Haswan Yunaz mengatakan, dengan Keppres tersebut maka publik tak perlu lagi tentang penyelengaraan Sail Tomini 2015 di Sulteng atau tepatnya pada September 2015 mendatang. “Inilah Sail yang paling cepat penerbitan Keppresnya. Pada penyelenggaraan Sail-Sail sebelumnya, penerbitan Keppres dilakukan pada tahun yang sama dengan penyelenggaraan Sail tersebut,” ujar Haswan Yunaz seperti dilansir Radar Sulteng, Senin (27/10/2014).

Usai penyerahan itu, Haswan berharap agar Pemprov Sulteng, khususnya Pemkab Parimo segera melaksanakan tahapan-tahapan persiapan kegiatan internasional tersebut, sehingga pada saat penyelenggaraan akan lebih baik dibanding Sail-Sail sebelumnya. Haswan juga meminta Pemprov Sulteng dan Pemkab Parimo untuk melaksanakan rapat koordinasi dengan para pejabat eselon I dari beberapa kementerian dan lembaga terkait yang direncanakan dilaksanakan di Kota Palu dalam waktu dekat.  Dia juga menyarankan Bupati Parimo bersama jajarannya melakukan road show ke beberapa kementerian terkait untuk memaksimalkan kesiapan Sail Tomini, terutama  yang  terkait dengan soal pendanaan yang diperkirakan mencapai triliunan rupiah.

Dijelaskan, beberapa kegiatan dalam rangkaian Sail Tomini tersebut, diantaranya upacara peringatan 17 Agustus di pulau terluar Indonesia, bakti sosial dan pelayanan kesehatan yang meliputi operasi Bakti Surya Baskara Jaya, Operasi Bakti Kartika Jaya, dan Operasi Bakti Pelangi Nusantara serta demonstrasi/sailing pass.

Kegiatan terkait lainnya adalah pelayaran Lingkar Nusantara V, Percepatan pembangunan sarana dan prasarana, bakti kesejahteraan rakyat nusantara, BUMN Bina Lingkungan Tomini, Gerakan Membangun Kampung, lintas nusantara remaja dan pemuda bahari/pelayaran kapal pemuda nusantara yang akan berlayar dari Jakarta menuju Parigi, ekspedisi riset kelautan, reli kapal layar (yacht rally), seminar nasional dan internasional.

“Kegiatan pendukung lainnya adalah gebyar batik Tomini, lomba olahraga bahari, pameran potensi daerah, festival Boalemo (Gorontalo), dan kegiatan pendukung lain yang disesuaikan dengan perkembangan daerah,” jelasnya.

Sementara Bupati Parimo, H Samsurizal Tombolotutu menyatakan akan segera mempersiapkan diri dalam menghadapi iven tersebut. Samsurizal juga menyatakan siap melakukan road show ke beberapa kementerian, terkait untuk menguatkan dukungan pelaksanaan Sail Tomini tersebut walaupun road show serupa juga sudah dilakukan beberapa bulan lalu.

Samsurizal juga menyatakan rasa syukurnya atas terbitnya Keppres tersebut. Menurutnya ditetapkannya Kabupaten Parimo sebagai tuan rumah merupakan berkat kerja keras semua pihak yang ikut membantu Pemkab Parimo sehingga pada akhirnya Keppres tersebut ditandatangani oleh SBY saat menjabat sebagai Presiden. (af/*)

 

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: