PLN Palu Tidak Normal, Walikota Tanggapi Keras, Ketua BPK RI Siap Audit

PLN Palu Tidak Normal, Walikota Tanggapi Keras, Ketua BPK RI Siap Audit

Pemadaman listrik di Kota Palu yang semakin menjadi-jadi mendapatkan tanggapan keras dari Walikota Palu, Drs Hidayat MSi. Tanggapan ini disampaikan la...

Pemuda Sulteng Ikuti Bimtek Diplomasi Budaya Damai
Urus Berkas Sampai Seminggu, Kinerja Kadis Dikbud Banggai Dikeluhkan
Partainya Raja Dangdut Gagal Lolos Seleksi Administrasi Kemenkumham

Pemadaman listrik di Kota Palu yang semakin menjadi-jadi mendapatkan tanggapan keras dari Walikota Palu, Drs Hidayat MSi. Tanggapan ini disampaikan langsung oleh Hidayat kepada awak media dalam kesempatan kunjungan ke Universitas Tadulako beberapa waktu lalu.

Hidayat mengemukakan bahwa Ia sudah memanggil langsung Manager PLN Area Palu, Emir Muhaimin. Pemanggilan itu dilakukan untuk mendapatkan penjelasan langsung terkait kondisi listrik di Kota Palu dan sekitarnya yang tidak pernah normal.

Oleh Manager PLN, kata Hidayat, disampaikan bahwa listrik yang tidak normal belakangan ini disebabkan karena mesin di Silae dan Mpanau harus dilakukan perawatan. Menanggapi hal itu, lanjutnya, Ia bersikeras agar PLN tidak membuat alasan yang mengada-ada.

“Dengan tegas saya pertanyakan, kenapa mesin PLN ini hampir sepanjang tahun dirawat terus. Ada apa ini? Sayang sekali karena kami selaku pemerintah daerah hanya dapat mendesak, tetapi tidak memiliki kewenangan langsung untuk menindak,” jelas Hidayat.

Lebih lanjut, Hidayat juga sudah menegaskan kepada pihak PLN agar jangan sampai memadamkan listrik saat ujian nasional dilaksanakan. Hal itu agar siswa dapat belajar dengan tenang pada malam dan subuh hari, dan mengerjakan ujian dengan tenang juga pada siang hari, khususnya sekolah yang melaksanakan UNBK.

“Tapi ternyata mereka tetap memadamkan dengan alasan mesin harus dirawat. Sebelumnya saya sudah sampaikan agar hidupkan saja, kalau rusak karena dihidupkan terus, berarti memang rusak betul, dan masyarakat bisa tahu. Tidak seperti ini,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI, Dr Harry Azhar Azis dalam kunjungannya di Universitas Tadulako pada Kamis (7/4) telah memberikan sinyal kuat kepada BPK Perwakilan Sulawesi Tengah untuk memeriksa PLN Area Palu. Ini merupakan tanggapan langsung dari Ketua BPK RI yang mendengarkan langsung keluhan salah satu peserta seminar tentang kondisi kelistrikan di Kota Palu.

“Kami siap memeriksa dan mengaudit PLN. Bapak Kepala BPK Sulawesi Tengah harap menindaklanjuti hal ini. Jika dalam pemeriksaan ada penyimpangan, kami akan langsung menindaklanjuti dalam bentuk rekomendasi. Listrik harus dimanfaatkan untuk kemaslahatan rakyat,” ujar Ketua BPK RI. (ss*fjr)

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: