PM Jepang, Shinzo Abe Terkesan dengan Sambutan Presiden Jokowi

PM Jepang, Shinzo Abe Terkesan dengan Sambutan Presiden Jokowi

Bogor РPerdana Menteri Jepang Shinzo Abe melakukan kunjungan kenegaraan ke Indonesia. Abe mengaku sangat senang dengan sambutan Presiden Joko W...

Jelang Lebaran, Waspadai Oknum Wartawan dan Aktivis LSM Pemeras
Basri dan Istrinya Ditangkap. Ini Kronologisnya…
“Pateni”, Kata dalam Bahasa Jawa dalam Pertemuan Antasari-Sigid-Wiliardi

Bogor РPerdana Menteri Jepang Shinzo Abe melakukan kunjungan kenegaraan ke Indonesia. Abe mengaku sangat senang dengan sambutan Presiden Joko Widodo. Kedatangan Abe disambut Jokowi di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Minggu (15/1/2017). Abe datang bersama istrinya, Akie Abe.

Begitu memasuki gerbang Istana Kepresidenan Bogor, Abe langsung disambut pasukan berkuda, parade pasukan berpakaian adat seluruh provinsi Indonesia dan marching band. Tak hanya itu, ratusan anak-anak berpakaian adat berdiri di pinggir jalan Kompleks Istana Bogor sambil melambaikan bendera Indonesia dan Jepang.

“Kami merasa terhormat atas sambutan Presiden Jokowi yang sangat indah. Dan sebagai kepala negara yang pertama untuk kami. Waktu saya mengunjungi Istana ini, saya disambut anak-anak kecil Indonesia dan di lingkungan Istana ini, saya disambut oleh rupa-rupa,” kata Abe di Istana Bogor.

Abe juga mengatakan, ini merupakan pertemuan keenam antara dia dengan Jokowi. Dia ingin bertukar pendapat dengan Jokowi demi kemajuan dan keuntungan kedua negara.

“Pertemuan kali ini adalah pertemuan saya keenam bersama Presiden Jokowi. Saya ingin bersama Presiden Jokowi ke dalam kerja sama di berbagai bidang, juga ingin bertukar pendapat mengenai berbagai tantangan untuk mendorong kerja sama antara kedua negara,” kata Abe.

Dalam pertemuan tersebut, Presiden Jokowi menyampaikan 4 hal kepada Abe. Pertama, Indonesia meminta Jepang dapat membuka akses produk pertanian dan perikanan Indonesia. Kedua, kata Jokowi, adalah menyelesaikan review perjanjian penghindaran pajak berganda. Yang ketiga, meningkatkan akses dan kapasitas keperawatan Indonesia untuk dapat memenuhi pasar di Jepang.

Seperti diketahui, Jepang menghadapi lonjakan penduduk usia senja. Indonesia punya peluang karena memiliki banyak tenaga kerja terampil dalam hal keperawatan termasuk salah satunya adalah keperawatan masyarakat usia senja. Bila kesepakatan ini dicapai, maka diharapkan ada win-win solution bagi kedua negara.

“Dan yang keempat, dimulainya general review Indonesia-Jepang Economic Partnership Agreement pada tahun ini,” tandas Jokowi. (detikcom/yud)

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0