Prof Basir Cyio Kembali Pimpin Untad

Prof Basir Cyio Kembali Pimpin Untad

JAKARTA – Tampuk kepemimpinan di Universitas Tadulako, kembali diamanahkan ke pundak Prof DR Ir Muh Basir Cyio SE MS. Kamis kemarin (5/3), guru besar ...

Inilah 3 Orang Yang Akan Mengsinspirasi Bisnis Di Dunia Online
Presiden Jokowi Sumbang Hewan Kurban di Sulteng
PAN Masuk, Reshuffle Makin Nyaring

JAKARTA – Tampuk kepemimpinan di Universitas Tadulako, kembali diamanahkan ke pundak Prof DR Ir Muh Basir Cyio SE MS. Kamis kemarin (5/3), guru besar ilmu tanah yang pernah menjabat Dekan Fakultas Pertanian itu, kembali dilantik dan diambil sumpahnya sebagai Rektor Universitas Tadulako.

Prof Muh Basir Cyio, yang juga Litbang Harian Umum Radar Sulteng ini, dilantik oleh Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi Prof DR H Muhammad Nasir SE MSi di Auditorium Gedung D Kementerian Ristek dan Dikti RI.

Mantan wartawan yang juga sarjana ekonomi ini, kembali memimpin Untad untuk periode kedua, setelah dalam pemilihan Rektor yang lalu, berhasil menang telak dari lawan-lawannya.

Dalam proses pelantikan oleh Menteri Riset dan Dikti, selain Prof Muh Basir Cyio, juga dilantik Nanang Dwi Wahyono sebagai Direktur Politeknik Negeri Jakarta, Edi Yohanes sebagai Direktur Politeknik Negeri Banjarmasin, Muhammad Toasin sebagai Direktur Politeknik Negeri Pontianak dan Pudji Herijanto sebagai Direktur Akademi Komunitas Negeri Putra Sang Fajar Blitar.

Dalam sambutannya, Muh Nasir, menyampaikan ucapan selamat kepada Rektor Untad, serta direktur yang dilantik bersamaan pada Kamis. Katanya, Semoga para pejabat yang dilantik, dapat melakukan tugas dan pekerjaan-pekerjaan yang berguna bagi kepentingan bangsa dan Negara.

“Kami mengharapkan agar pemimpin Perguruan Tinggi yang baru ini, dapat memberikan keberkahan dan mengapresiasikan dedikasi tinggi untuk kepentingan bangsa dan negara ini,”katanya.

Menurut menteri, sudah menjadi tanggung jawab para pejabat yang dilantik, untuk mengelola dan terus meningkatkan pendidikan tinggi di Indonesia. Menurutnya, tanggung jawab itu, tidak hanya cukup dengan melakukan sesuatu, tetapi bagaimana menjadikan perguran tinggi itu dapat meningkat dari tahun ke tahun.

“Pada pelantikan ini, saya menekankan, di dalam pengelolaan institusi pemerintah, adalah sesuatu yang harus kita pertanggungjawabkan,”katanya lagi.

Menristek dan Dikti, juga mengharapkan agar rektor dan direktur yang dilantik, dapat menciptakan good university governance, yaitu tata kelola universitas yang baik. Dimana tata kelola universitas yang baik, adalah adanya transparansi pengelolaan keuangan dan pertanggungjawaban yang baik.

Menteri juga mengingatkan semakin beratnya persaingan di dalam dunia pendidikan, utamanya dalam menghadapi masyarakat ekonomi ASEAN. Olehnya itu, ia mendorong kepada rektor maupun direktur untuk melakukan tindakan-tindakan dalam memajukan universitas ataupun politeknik.

“Saya berharap para pejabat yang dilantik hari ini, agar mampu menciptakan kampus yang kondusif dalam mencapai tujuan bersama,”tandasnya.

Dalam Pelantikan tampak hadir, para Dirjen, direktur, Irjen, serta pejabat eselon II dalam lingkup Kemenristek Dikti. Sementara dari Untad, tampak pula hadir para Wakil rektor, para dekan dan pejabat lainnya dalam lingkup Untad.(*/hnf)

Sumber: Radar Sulteng

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: