Rizal Malarangeng Ingin Investasi Budidaya Udang

Rizal Malarangeng Ingin Investasi Budidaya Udang

PALU – Berawal dari keinginannya untuk melakukan disverifikasi usaha, akhirnya mempertemukan Andi Rizal Mallarangeng dengan teknologi supra intensif. ...

Inilah 3 Orang Yang Akan Mengsinspirasi Bisnis Di Dunia Online
Rupiah Baru, Salah Satu yang Teraman di Dunia
Cemilan Unik Inspirasi Usaha di Tahun 2016

PALU – Berawal dari keinginannya untuk melakukan disverifikasi usaha, akhirnya mempertemukan Andi Rizal Mallarangeng dengan teknologi supra intensif. Pria kelahiran Parepare, Sulawesi Selatan, yang juga pengamat politik Indonesia, serta pendiri sekaligus Direktur Eksekutif Freedom Institute ini, ternyata memiliki banyak usaha lain yang tidak terkait dengan aktivitasnya di bidang politik.

“Saya punya (usaha) sapi, serta budidaya beberapa komoditi laut di antaranya ikan. Ketika saya mau masuk ke usaha udang, saya kemudian cari referensi, akhirnya saya dapat informasi soal tekhnologi ini (Supra intensif),”kata pria yang juga akrab disapa Cheli Malarangeng ini, ditemui ketika mengunjungi kolam supra intensif di Kelurahan Mamboro, Jumat (27/3).

Ketika berniat untuk masuk dalam usaha budidaya udang, Cheli mengaku banyak menggali informasi dari beberapa ahli. Dari beberapa orang yang dia temui, termasuk chanelnya di kementerian Kelautan dan Perikanan, serta pengusaha udang di Jakarta, referensi yang dia peroleh kemudian merujuk pada satu orang, yakni DR Ir Hasanuddin Atjo MP.

“Saya ditunjukkin sama teman-teman, bahwa ada yang hebat. Katanya orang itu, punya kolam di Mallusetasi (Kabupaten Barru). Saya orang Parepare, tentu saya sangat paham dimana itu Mallusetasi,”kata adik kandung mantan Menpora era Presiden SBY, Andi Alfian Malarangeng ini.

Cheli juga mengaku banyak melakukan pencarian di dunia maya. Dari hasil penelusurannya, dia mendapatkan informasi di beberapa media cetak dan online, tentang apa itu Supra Intensif dan siapa penemunya. Cheli, juga menonton tayangan di Youtube tentang Supra Intensif.

Kemudian, dalam satu kesempatan Rizal Malarangeng, bertemu lagi dengan beberapa pengusaha udang skala ekspor. Saat itu, mereka lagi mendiskusikan sebuah metode budidaya udang yang sangat efisien, hasilnya terukur, namun memerlukan modal yang lumayan. Lagi-lagi dari diskusi itu, Rizal mendengar nama Hasanuddin Atjo selalu disebut-sebut, karena merupakan penemu teknologi budidaya udang yang diklaim, menghasilkan panen udang terbesar di dunia tersebut. Dari berbagai informasi itu, Rizal semakin penasaran untuk bisa bertemu langsung dengan sosok DR Ir Hasanuddin Atjo MP.

“Dari situlah, saya kemudian minta nomor kontak Pak Hasanuddin Atjo. Ternyata beliau sangat welcome sekali. Saya pun bertekad harus bertemu langsung dengan beliau. Sekarang, Alhamdulillah saya malah dibawa ke kolam ini. Ini luar biasa, saya bisa langsung menggali ilmu dari ahlinya bahkan diberikan kesempatan untuk melihat langsung kolamnya,”kata Cheli.

Menurut Cheli, ketika dia menyatakan niatnya untuk berinvestasi dalam usaha budidaya udang, sudah ada beberapa Gubernur yang mengundangnya untuk menanamkan modalnya. Dua di antaranya yang disebut Cheli, yakni Gubernur Bengkulu dan Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB). Namun Cheli, mengaku saat ini masih sedang observasi lokasi yang sangat representative dalam mendukung usahanya.

“Untuk tahap awal ini, saya harus berhasil, agar menjadi contoh bagi teman-teman untuk mau terjun dalam bisnis ini. Makanya, saya masih mau dekat-dekat dulu dengan Pak Hasanuddin Atjo, agar bisa dapat bimbingan langsung dari beliau. Dalam waktu dekat ini, saya insya Allah mau ke Poso, katanya di daerah itu ada beberapa lokasi yang cukup ideal. Tentu untuk menentukan lokasi ini, saya juga perlu dapat referensi dari Pak Hasanuddin Atjo,”akunya.

Selain Poso, masih ada beberapa lokasi yang menurut Cheli, dapat dia jadikan sebagai tempat untuk berinvestasi. Bahkan dalam perencanaan Cheli, kelak jika mendapatkan lokasi yang cocok, dia bukan hanya membangun kolam, tetapi membuat cold storage serta beberapa infrastruktur lainnya.

“Pasar udang masih sangat besar dan menggiurkan. Makanya saya telah bertekad untuk menyeriusi bisnis ini. Saya berharap, Pak Hasanuddin Atjo, baik posisinya sebagai pemerintah maupun pribadi beliau, agar selalu membantu saya,”demikian Cheli.(hnf)

Sumber: radarsulteng

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: