Rupiah Baru, Salah Satu yang Teraman di Dunia

Rupiah Baru, Salah Satu yang Teraman di Dunia

Bank Indonesia (BI) telah secara resmi meluncurkan dan mengedarkan uang rupiah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) tahun emisi 2016. Selain mena...

Tidak Kooperatif, Hein M, Kontraktor Korup Ditahan
Dinilai Berjasa Antar Kemenangannya, Trump Akan Tetap Nge-tweet
Ekspos Perkara dan Rekaman, Roky Ikut Halangi Tugas Polisi

Bank Indonesia (BI) telah secara resmi meluncurkan dan mengedarkan uang rupiah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) tahun emisi 2016. Selain menampilkan gambar 12 orang pahlawan nasional, 7 uang kertas dan 4 uang logam ini juga menampilkan berbagai aspek pengamanan uang.

Gubernur BI Agus DW Martowardojo menyebut, pengamanan uang kertas pecahan Rp 1.000 hingga Rp 100.000 mencakup 9 hingga 12 jenis pengamanan.

Aspek pengamanan tersebut mulai dari yang sudah diketahui masyarakat maupun pengamanan khusus. Namun demikian, Agus menyatakan bahwa pengamanan uang rupiah merupakan salah satu yang terbaik di dunia. Aspek pengamanan tersebut pun mencapai beragam hal.

“Salah satu yang terbaik di dunia. Ini pengamanan bisa 12 tipe pengamanan untuk uang Rp 100.000,” kata Agus di Jakarta, Senin (19/12/2016).

Agus mengungkapkan, pengamanan uang rupiah tersebut mencakup lima unsur. Pengamanan dalam uang kertas, imbuh dia, termasuk di antaranya dari aspek warna, benang, dan ultraviolet.

Bank sentral pun terus melakukan sosialisasi terkait ciri-ciri keaslian uang dan pengamanan uang rupiah. Agus mengungkapkan, aspek pengenalan uang tersebut adalah 3D alias Dilihat, Diraba, dan Diterawang. (ss*fjr/kompas.com)

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: