Tanpa Pengawalan, Putra Jokowi Sendirian ke Jakarta

Tanpa Pengawalan, Putra Jokowi Sendirian ke Jakarta

Jakarta – Gibran Rakabuming Raka, putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi) memang selalu memperlihatkan kesederhanaannya. Jumat (7/10), Gibran terli...

Rossi dan Lorenzo Kembali Bersitegang di San Marino
Besok, Dr Lukman Akan Resmi Jabat Dekan FKIP Untad
Seluruh Pembantu Rektor II Berkumpul di Palu Adakan Rakernas

Jakarta – Gibran Rakabuming Raka, putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi) memang selalu memperlihatkan kesederhanaannya. Jumat (7/10), Gibran terlihat terlihat naik pesawat Garuda Indonesia dalam
penerbangan dari Solo ke Jakarta. Duduk di kelas ekonomi di deretan nomor kursi 27 di pesawat Garuda yang terbang dari Solo pukul 11.05 WIB dan tiba di Jakarta 12.10 WIB, Gibran bepergian seorang diri tanpa pengawalan.

Kehadiran Gibran yang tanpa pengawalan itu, baik di atas pesawat hingga turun di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, membuat penumpang tak tahu bahwa ada putra orang nomor satu di negara ini bersama mereka dalam satu pesawat.

Lazimnya, keluarga inti presiden seharusnya mendapatkan pengawalan dari Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres), sesuai  Peraturan Panglima TNI Nomor Perpang/5/I/2010 tanggal 20 Januari 2010 tentang Organisasi Paspampres. Namun, itulah Gibran, dalam beberapa kesempatan Ia menyatakan tidak mau merepotkan orang lain, jika dapat dilakukan sendiri.

Kembali soal Gibran naik pesawat sendiri, seperti dikutip dari detik.com, Fenty Effendy, salah seorang penumpang yang duduk di bangku persis di depan Gibran awalnya tak menduga bahwa ada Putra Presiden Jokowi di pesawat yang dia tumpangi. “Dia (Gibran) jalan sendirian saat naik pesawat. Di lorong pesawat sendirian tak ada pengawal,” kata Fenty, Jumat (7/10/2016).

Saat Gibran hendak menaruh tasnya di atas kabin, Fenty sempat mengambil gambar suami dari Selvi Ananda itu. “Awalnya saya ragu. Setelah saya cocokkan di Google ternyata memang benar itu Gibran anak Presiden,” kata penulis buku Mantra Layar Kaca yang baru saja selesai menggelar Meet & Greet Mata Najwa di Solo itu.

Menurut Fenty, selain Gibran dalam pesawat yang dia tumpangi juga ada Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo. Ajudan Wali Kota Solosempat menawarkan agar Gibran duduk di dekat FX Hadi Rudyatmo. “Namun sepertinya Gibran menolak,” kata dia.

Ayah Jan Ethes Srinarendra itu juga nampak sendirian saat keluar dari pesawat. Tak ada pengawal atau Paspampres yang menjemput dia. Menurut Fenty, Gibran sempat menyapa Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo sebelum meninggalkan Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta.

Wali Kota Surakarta, FX Hadi Rudyatmo hari itu menjadi salah satu saksi ketika Gibran naik pesawat Garuda Indonesia dan duduk di kelas ekonomi. Kebetulan Wali Kota yang biasa disapa Rudy itu juga duduk di kelas ekonomi.

Rudy dan Gibran sempat bercakap-cakap sebentar saat keluar dari pesawat dan hendak meninggalkan Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta. Saat itu Ghibran berjalan seorang diri, tanpa pengawalan dari Pasukan Pengamanan Presiden.

Gibran juga nampak menenteng tasnya sendiri. “Gibran sendirian. Kami sempat salaman dan ngobrol,” kata Rudy, Jumat (7/10/2016).

Rudy dan Gibran memang sama-sama tak suka duduk di kelas bisnis. “Dari dulu saya tidak pernah naik (kelas) bisnis. Lha buat apa wong sampainya juga sama,” kata dia.

Perilaku yang ditunjukkan oleh Gibran ini layak menjadi teladan bagi siapa pun, terutama bagi keluarga pejabat, baik pejabat negara maupun pejabat daerah. (ss*fjr/detikcom)

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: