Untad Miliki Lima Wakil Rektor Baru

Untad Miliki Lima Wakil Rektor Baru

PALU– Universitas Tadulako (Untad) kini memiliki lima Wakil Rektor baru, melengkapi kepemimpinan Prof Dr Ir Muh. Basir Cyio SE MS di periode ked...

Ucapan Selamat Pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Sulawesi Tengah
Rupiah Baru, Salah Satu yang Teraman di Dunia
Tanpa Pengawalan, Putra Jokowi Sendirian ke Jakarta
Rektor Untad  Muh Basir Cyio berfoto bersama dengan lima Wakil Rektor periode  periode 2015-2019 yang terpilih, Senin (20/4). Foto: Nto/Radar Sulteng

Rektor Untad Muh Basir Cyio berfoto bersama dengan lima Wakil Rektor periode periode 2015-2019 yang terpilih, Senin (20/4). Foto: Nto/Radar Sulteng

PALU– Universitas Tadulako (Untad) kini memiliki lima Wakil Rektor baru, melengkapi kepemimpinan Prof Dr Ir Muh. Basir Cyio SE MS di periode keduanya sebagai Rektor Untad. Lima wakil Rektor tersebut terpilih dalam pemilihan Bakal Calon ( Balon ) Wakil Rektor (Warek) , yang digelar dalam Rapat Senat Untad di Media Center Senin (20/4).

Dalam pemilihan Warek tersebut melalui proses demokratis yang melibatkan seluruh anggota senat. Dari penjaringan Balon Warek yang terpilih, selanjutnya diserahkan kepada Rektor Untad memilih tim kerjanya dengan menggunakan hak prerogatifnya. Akhirnya, terpilih lima Warek yang akan mendampingi Rektor Untad dalam menakodahi perguruan tinggi negeri terbesar di Sulteng itu.

Kelima Warek tersebut yakni Prof Dr Sutarman Yodo Sh Mh sebagai Warek Bidang Akademik (Bidak), Prof Dr Ir Mahfudz MP sebagai Warek Bidang Umum dan Keuangan (Biduk) , Prof Dr Jayani Nurdin Msi sebagai Warek Kemahasiswaan (Bima), Prof Dr Mery Napitupulu Msc sebagai Warek   Bidang Perencanaan dan Kerja Sama( Bangjas) , serta Prof Dr Ir Lagalogo Amar MSc sebagai Warek Bidang Perencanaan dan Pengawasan (Canwas).

Sebelumnya, pemilihan Wakil Rektor diikuti sebanyak 12 Balon Warek, dengan cara seluruh anggota senat memilih Balon Warek dan hasilnya diserahkan kepada Rektor untuk dipilih melalui hak prerogatifnya. Ke 12 Balon tersebut yakni Untuk Warek Bidak yakni Dr Drs Lukman Najamudin MPd, Dr Ir Rusdin MP, dan Prof Dr Sutarman Yodo SH MH. Balon Biduk yakni Dr Ir Hamzari MSc , Prof Dr Ir Mahfudz MP, serta Prof Dr Sahir Natsir SE MSi. Balon Bima, yakni Ir Armin Basong MSi, Prof Dr Jayani Nurdin SE MSi dan Dr Drs Syaharuddin Hattab MSi, sedangkan Balon Bangjas Prof Dr Mery Napitupulu MSc, Dr Ir Muhardi MSi, dan Dr Drs M Rusyadi MSi.

Rektor Untad, Prof Dr Ir Muh. Basir Cyio SE MS, sambutannya mengungkapkan apa yang akan diputuskannya melalui hak prerogatifnya itu, diakuinya sangatlah berat. Namun, dia mengaku yakin terhadap pilihannya dan berharap dapat menjadi yang terbaik untuk kemajuan Untad ke depan. Karena dalam mengambil keputusan tersebut, dirinya memakai instrumen khusus yang disebutnya dengan langkah P4D.

Pertama, melalui Pemikiran yang jernih. Olehnya, dia menegaskan dalam mengambil keputusan tersebut tidak ada tidak ada sedikitpun kepentingan politik, atau intervensi dari pihak mana pun. Yang jelas, hanya semanta-mata untuk dapat mengabdi di Untad. Kedua, Penilaian yang objektif. Di mana menurutnya, dari 12 nama Balon Warek tersebut semuanya memiliki kemampuan yang tidak perlu diragukan lagi. Namun apa daya, dia mengaku, harus memilih yang yang benar-benar terbaik di antara terbaik karena semuanya tidak mungkin terpilih.

Ketiga, adalah Pertimbangan yang matang . ”Kami melakukan ini benar-benar untuk disetujui, karena itu kita akan melakukan pengawalan dan pengawasan kepada yang mendapatkan amanah dalam jabatan ini,” katanya.

Langkah ke empat, yakni Perenungan mendalam dan langkah ke lima adalah Doa yang tulus bagi para Balon Warek yang tak terpilih, agar bisa menerima dengan ikhlas dan mengembalikannya kepada Allah SWT, serta dapat ikhlas dan terus mau semangat dalam membangun serta membesarkan Untad.

“Inilah langkah-langkah yang kami lakukan, sehingga dapat terpilih lima Wakil Rektor yang baru yang rencannya akan kami lantik pada 30 April 2015. Semoga Allah SWT dapat memberikan rahmat dan hidayah kepada kita semua, ”tegasnya.

Lebih lanjut, dia berharap apabila dalam perjalanannya Warek terpilih nantinya ada yang menyimpang dari fungsi dan jabatannya, maka dialah orang pertama yang siap bertanggung jawab.” Karena itu saya harapkan kita semua dapat memberi waktu, kesempatan ruang untuk menumbuhkan kreativitasnya pada yang terpilih ini, karena merekalah yang akan melakukan tugas dan fungsi-fungsi rektor, namun yang kita ingat semua keputusan tertinggi tetap ada pada rektor,” tegasnya.

Diakhiri sambutannya, Rektor mengeluarkan permohonan maaf kepada seluruh anggota senat , apabila dalam mengambil keputusan maupun dalam proses-proses mulai dari pemikiran, penilaian , perenungan dan doa yang ia ambil, belum sesuai dari harapan. “Olehnya saya harapkan keputusan ini bisa kita junjung tinggi untuk ke kemajuan Untad ke depan,” pungkasnya.(nto)

sumber: Radar Sulteng

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: